POTENSI DAERAH

 
aaaaaas.jpg

POTENSI WISATA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN
 
Sesuai motto ‘santun berkata, bijak berkarya’ artinya dengan sikap sadar wisata harus ditumbuh-kembangkan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Delapan objek wisata yang membutuhkan pengembangan yakni; Pemandian Alam Sampuran di Desa Perkebunan Normark; Danau Buatan Simatahari di Desa Padangri; Kolam Gaul Desa Nagodang dan Titi Glodak Pemandian di Desa Kota Pinang Kecamatan Kotapinang. Selain itu, Pusat Pelatihan Gajah di Desa Aek Raso; Kawasan Wisata Outbound di Bumi Perkemahan PT Asam Jawa di Desa Asam Jawa; Danau Seberang di antara Desa Teluk Pinang dan Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba; dan Sungai Sarjuk di Desa Pekan Tolan, Kecamatan Kampung Rakyat. Beberapa lokasi wisata yang ada di Kabupaten ini antara lain adalah :

1. Bumi Perkemahan (Bumper) Widiya Dharma

Bumi Perkemahan (Bumper) Widiya Dharma yang menjadi Tujuan Wisata Favorit di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel). Lokasinya adalah di Desa Pengarungan, Kecamatan Torgamba, kira-kira 18 kilometer dari Kotapinang dan 7 kilometer dari persimpangan Jalan Besar Sumberjo. Lokasi ini juga digunakan sebagai lokasi perkemahan dan pembinaan Kepramukaan Gudep 009/010 Yayasan Pendidikan Widiya Dharma.

 
2. Pemandian Alam Pandayangan Indah
 
Pandayangan Indah merupakan arena wisata keluarga berbasis air terjun di sungai Sampuran. Tak kurang dari tujuh air terjun yang mengalir di sepanjang lebih kurang 200 meter bagian sungai tersebut. Pandayangan Indah terletak lebih kurang 25 kilometer di Barat Daya Labusel yaitu di Dusun Pandayangan, Desa Ulu Mahuam, Kecamatan Silangkitang.

3. Waterpark Pesona Cikampak Labuhanbatu Selatan 

Kawasan wahana hiburan ini terletak di Jalan Lintas Sumatera Utara-Riau (Samping kantor PM Cikampak), Kecamatan Torgamba, Labusel. ‘Waterpark Pesona Cikampak’ dilengkapi dengan aneka fasilitas wahana air yang dibangun di atas lahan seluas lebih kurang 1,5 ha ini.
 
4. Tour Kebun Sawit di Labuhanbatu Selatan
 
Satu lagi potensi wisata yang dapat dikembangkan oleh Pemkab Labuhanbatu Selatan untuk mendongkrak PAD dari sektor wisata, yakni agrowisata di kebun kelapa sawit. Kabupaten Labuhanbatu Selatan terkenal dengan perkebunan kelapa sawitnya yang luas. Melewati Jalan Lintas Sumatera mulai dari Desa Parlabian, Kecamatan Kampung Rakyat hingga Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba maupun Kelurahan Langgapayung, Kecamatan Sungai Kanan adalah sebuah kenikmatan tersendiri.

5. Melihat Megahnya Vihara Avalokitesvara di Kotapinang 

Keberadaan Vihara Avalokitesvara Kotapinang tidak bisa dilepaskan  dari kegigihan masyarakat Tionghoa khususnya yang beragama  Budha. Vihara ini selesai dibangun sekitar tahun 2000 terletak di  Jalan Pelabuhan Lama dan diberi nama Vihara Avalokitesvara,  masuk dalam wilayah Perkampungan Labuhanlama, Kecamatan   Kotapinang.


6. Pusat Pelatihan Gajah di Aek Raso

Pusat pelatihan gajah atau Taman Wisata Holiday Resort di Desa Aek Raso, Kecamatan Torgamba, merupakan satu objek wisata andalan  di Labuhanbatu Selatan. Kawasan wisata dan penangkaran Gajah Sumatera ini seluas 4.963,75 Ha. Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi sejauh lebih kurang 390 km selama 9 jam dengan rute perjalanan Medan – Rantau Prapat – Kota Pinang – Cikampak – Aek Raso. Kawasan ini diapit oleh perkebunan-perkebunan besar (perkebunan kelapa sawit), seperti PNP dan PT. Torganda. Flora yang terdapat dalam kawasan ini merupakan vegetasi hutan sekunder yangterdiri dari anakan pohon asli seperti Meranti (Sorhea sp), Kapur (Dryobalanops aromatica), Jabon (Antocephalus cadamba), Sungkai (Peronema canescens), Perdu (Eupathorium sp), Bambu (Bambusa sp) , Medang (Litsea sp), Laban (Vitex sp), serta rumput- rumputan. Kawasan hutan Holiday Resort, berbentuk segitiga yang dipagari oleh kebun sawit. Namun demikian jenis fauna cukup banyak terdapat terutama jenis burung seperti Perkutut (Geopelia striata), Murai batu (Copsychus delivutia), Jalak (Acridoteres fuscus) dll. Jenis mamalia yang terdapat adalah seperti Rusa (Cervus timorensis), Babi hutan (Sus vittatus), Kijang (Muntiacus muntjak), Monyet (Macaca fascicularis), Musang (Viveridae), Gajah (Elephas maximus), dsb.

7. Danau Simatahari di Padangri

Wisata danau buatan Simatahari merupakan satu tempat pilihan wisata di Kotapinang yang bernuansa alami. Simatahari adalah danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari Kotapinang. Pemandangan alam sekitar danau Simatahari ini memiliki panorama yang indah, sejuk, nyaman dan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan, memungkinkan dikembangkan sebagai tempat atraksi wisata tirta seperti berenang, memancing, dan lain-lain.



.

http://dpmptsp.labuhanbatuselatankab.go.id/files/thumb/3c4be112af8d88f/210/280/fit http://dpmptsp.labuhanbatuselatankab.go.id/files/thumb/a9d37f18d5cbd26/210/280/fit

Jejak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan portal baru DPMPPTSP ini?

  • Bagus – 4 Votes
    100%
  • Sedang – 0 Votes
    0%
  • Kurang Bagus – 0 Votes
    0%
Total votes: 4

Daftar Permohonan

Permohonan Diterbitkan

Permohonan Belum Diambil

Survey 1

Survey 1

  Lihat Hasil